Segala sesuatu yang akan Anda lakukan sepenuhnya terserah Anda. Hidup ini bukan merupakan latihan untuk hal-hal lain. Ini adalah hal yang nyata.  Waktu berlalu dengan cepat, dan semua keputusan Anda, tindakan Anda dan kelambanan Anda, telah menciptakan kehidupan yang Anda jalani saat ini  dari menit ke menit. Jika Anda ingin hal yang berbeda di masa depan, Anda harus membuat sesuatu yang berbeda pada saat ini. Anda harus bertanggung jawab penuh atas  diri Anda dan kehidupan Anda serta membuat segalanya berubah, karena mereka tidak akan berubah dengan sendirinya.

Manajemen diri benar-benar manajemen pribadi, manajemen waktu, manajemen kehidupan. Ini menempatkan kekuatan tangan Anda pada kemudi kehidupan Anda dan kemudian mengambil sendiri ke arah yang Anda pilih.

Setiap orang yang sukses, berawal dari sebuah keputusan tegas tentang kemana dia ingin pergi dan kemudian mengambil langkah-langkah yang disengaja untuk sampai ke sana. Dan Anda bisa melakukan ini untuk diri sendiri. Salah satu ide yang paling berguna yang pernah saya pelajari adalah untuk melihat diri sendiri sebagai sebuah paket “sumber daya.” Anda bisa mendapatkan keuntungan dari ide ini dengan berdiri kembali dan melihat diri sendiri dalam hal apa Anda, bukan apa yang Anda lakukan. Kita cenderung untuk mendefinisikan diri kita dalam hal pekerjaan kita, dalam hal apa kita menghabiskan sebagian besar waktu kita pada saat ini. Ketika kita bertemu dengan seseorang, bahkan di halte bus, kita  akan menjelaskan diri dalam hal pekerjaan kita. Kita mengatakan hal-hal seperti “Aku seorang tenaga penjualan,” “Saya manajer,” atau “Saya bekerja di bisnis anu dan lainnya.” Karena kita cenderung menjadi apa yang kita pikirkan, semakin kita menjelaskan diri kita kepada orang lain sebagai apa yang kita lakukan, semakin kita berpikir tentang diri kita sebagai apa yang kita lakukan.

Mungkin inilah sebabnya orang-orang yang dipecat atau diberhentikan dari pekerjannnya akan melalui masa shock dan gejolak emosional.  Karena seolah-olah mereka telah terputus dari identitas diri mereka. Anda mungkin telah memiliki pengalaman itu. Faktanya adalah bahwa Anda bukanlah apa yang Anda lakukan. Sebaliknya, Anda adalah seikat sumber daya. Anda memiliki kombinasi bahan-bahan yang membuat Anda seorang manusia yang unik dan luar biasa, berbeda dari orang lain yang pernah tinggal atau yang pernah  hidup. Anda telah mengalami berbagai pengalaman, baik positif maupun negatif. Anda telah memiliki pendidikan formal, dan Anda telah belajar dari berbagai pekerjaan dan kegiatan yang telah melibatkan kecerdasan yang unik, tetapi banyak yang belum dikembangkan sepenuhnya. Anda memiliki keterampilan yang telah Anda peroleh melalui kerja keras, disiplin dan praktek. Anda memiliki kemampuan yang Anda dilahirkan dengan itu, yang memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan tertentu dan untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Anda memiliki energi dan ambisi, tujuan dan kesempatan. Anda memiliki filsafat hidup, yang berkembang, dan Anda memiliki sikap dan perspektif yang membuat Anda luar biasa.

Rata-rata orang cenderung untuk bertahan untuk melakukan hal yang jauh lebih sedikit daripada yang dia mampu dan kemudian bertanya-tanya mengapa dia sangat tidak puas dan frustrasi dengan hidupnya. Faktanya adalah bahwa Anda memiliki kekuatan bawaan untuk mewujudkan kapasitas penuh Anda. Ada kekuatan di dalam diri Anda yang membuat Anda gelisah dan tidak puas, dan yang mendorong Anda ke depan dan ke atas  menuju pencapaian impian  dan aspirasi Anda. Anda telah dimasukkan ke dalam dunia ini untuk melakukan sesuatu yang menakjubkan dengan hidup Anda. Anda memiliki takdir yang unik, sebuah tujuan khusus. Dan titik awal untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah manajemen diri. Hal ini mengambil kontrol penuh atas diri sendiri dan segala sesuatu yang Anda lakukan sehingga Anda bergerak secara progresif untuk mewujudkan cita-cita yang layak, sehingga Anda tegas di jalan menuju semua yang  mampu Anda capai.

2 Responses so far.

  1. fajarbukan berkata:

    @dalam 3 faktor menciptakan manajemen diri yang baik, Manajemen waktu lah problem utama saya 😳 , adakah Trik Jitu Menciptakan Manajemen Waktu bagi saya? maupun orang yang mirip seperti saya! Ibaratkan Mahasiswa “Kalo waktu masih panjang Ngapaiin Ngerjaiin Tugas Sekarang”
    Adakah punya Jurusnya pa…

    @Di Blog Ini bp, Mengajarkan Ilmu Tentang Dunia, Motivasi, dan dunia Usaha (bisnis) 😎 , Kalo Ilmu bagaimana cara tentang mencari pekerjaan, tips wawancara, dll. Kalo ada di share pa ya..hehehe 😆

    • Yafiz berkata:

      Fajar, secara implisit sdh ada di dalam artikel-artikel yg terutama berhubungan dg komunikasi efektif. Tinggal disesuaikan. Tetapi idemu baik juga sih, nanti saya tulis dg judul tersendiri. Thanks yauw…:)