KEBOHONGAN dalam istilah anak sekarang, MODUS! alias Modal Dusta. Ah, betapa ngilu rasanya kalau kita jadi korban modus.  Ngilunya dimana ? he, ingat lagunya Cita Citata “….sakitnya tuh…di siniii!” Ngilu itu lebih-lebih terasa, kalau kita tahu telah dimodusin lamaaa sekali baru ketahuan, tapi kalau kita tahu seketika saat ada upaya modus terhadap kita, kiranya perasaan ngilu bisa dibatasi, setidaknya 50% lah. Meskipun tetap ngilu juga, sih.

Mau tahu caranya supaya tidak menjadi korban modus atau kebohongan? NLP membantu kita menjejak ciri-ciri orang MODUS atau berbohong di hadapan kita. Yuk kita seruput kopinya dulu, baru lanjut ke topik semula: mendeteksi kebohongan.

Ada yang bilang pria itu tukang berbohong atau jago menipu. Ah, sebenarnya semua sama saja. Tak hanya pria, wanita pun bisa berbohong! Coba hitung berapa banyak pria di era ini yang jadi korban kebohongan. Selama kebohongannya belum terbongkar, kebiasaan buruk ini pasti berlanjut terus. Bagaimana jika pasangan Anda yang suka berbohong? Nah, kali kita berbicara tentang bagaimana mendeteksi kebohongan yang dilakukan wanita. Jika wanita itu, pasangan Anda. Bukan bermaksud diskriminatif, untuk lelaki juga ada tuh, klik  di sini.

Nah, berhubung pasangan Anda bukan Pinokio yang hidungnya memanjang karena berbohong. Ada baiknya Anda tahu tanda-tanda kalau seorang wanita Anda sedang berbohong.

1. Kontak mata

Istilah kalau orang bohong terlihat dari matanya ternyata memang berlaku dalam hal ini. Biasanya, wanita yang sedang berbohong menolak melakukan kontak mata dengan Anda. Ia mengalihkan pandangan ke arah lain, juga akan mengeluarkan ekspresi kaku dan tak nyaman. Perhatikan pula kedipan mata. Jika ia berkedip sangat cepat, besar kemungkinan ia sedang berpikir cepat mengarang-ngarang cerita. Karena normalnya, orang berkedip setiap 10 detik sekali!

2. Bicara terbata-bata

Wanita biasanya mengucapkan sekitar 125 hingga 225 kata setiap menitnya. Jika dirinya berbicara lebih sedikit dari itu atau terbata-bata. Kemungkinannya memang ia sedang berbohong. Memang hal ini tak berlaku bagi para wanita yang pendiam. Tapi jika seorang wanita yang tiba-tiba intensitas berbicaranya berkurang, bisa jadi dia sedang bingung harus berkata apa karena dia sedang sibuk menyembunyikan sesuatu dari Anda.

3. Bahasa tubuh

Untuk bisa mendeteksi kebohongan wanita lewat bahasa tubuhnya, hindari proses pendeteksian ini ketika ia sedang sibuk. Ketika sedang sibuk, sangatlah mudah baginya menyembunyikan ekspresi dan bahasa tubuh. Langkah pertama, perhatikan bagian tangan. Jika ia meremas-remas kedua tangannya dan sering mengelus wajahnya dengan tangan, ini tanda ia cemas dan menutupi kebohongan. Ekspresi alamiah seseorang saat bohong adalah dengan menutupi wajah. Kedua, cermati gerak-gerik kakinya. Jika kakinya tak bisa diam, itulah tandanya!

4. Membaca detail

Detail yang ada dalam obrolan yang benar biasanya teratur dan tak berlebihan. Jika biasanya dirinya adalah orang yang jujur, namun tiba-tiba berbicara dengan detail sehingga terasa kurang masuk akal, besar kemungkinan ia sudah mempersiapkan skenario besar untuk membohongi Anda. Di sisi lain, jika ia berbicara dengan detail yang sangat sedikit, maka inilah pertanda ia tak mengetahui atau memahami apa yang sedang dibicarakan sehingga memilih berbohong.

5. Jadi defensif

Bertanya adalah hal biasa dan wanita akan senang-senang saja menjawabnya. Tetapi saat berbohong, wanita akan merasa pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan bagaikan tuduhan yang datang bertubi-tubi. Ketika Anda bertanya, dirinya akan menuduh Anda terlalu curigaan dan malah berbalik marah. Ya, seseorang yang marah saat ditanya tentang suatu fakta, cenderung orang tersebut menutupi kebohongan (dengan kemarahannya tersebut)!

Nah! Selamat mendeteksi kebohongan wanita (di sekitar)  Anda. Tapi, ingat !!! Anda juga tidak boleh bohong lho.

Comments are closed.