Di artikel sebelumnya saya menulis tentang cara mendeteksi kebohongan pada wanita. Tidak ada alasan spesifik mengapa saya menulis tentang kebohongan pada wanita, selain memang wanita itu unik, penuh rahasia, dan saya sendiri laki-laki, seperti lelaki lain yang sering dibuat penasaran oleh wanita 🙂 .
Karena tulisan terdahulu itu, saya mendapat kritikan: “mengapa hanya wanita? “, bahkan sambil guyonan, dianggap “diskriminatif “, de el el.
Nah, untuk menjawab kritikan itu, yang sekaligus saya anggap request, kali ini saya menulis, tentang bagaimana mendeteksi kebohongan pada laki-laki. Biar adil, dan gak diskriminatif! Hehehe….(padahal saya agak malas, soalnya, sama saja dengan membongkar rahasia sendiri, hiks.)

Teknik mendeteksi semacam ini di NLP disebut ‘kalibrasi’. Objek kalibrasi tentu banyak sekali, tetapi terutama (ini yang asiknya) terhadap bahasa tubuh. Kenapa asik? Dengan kemampuan kalibrasi ini, seolah kita tahu apa yang ada di dalam hati orang lain, tanpa si dia berbicara,…Hehe 🙂
Baiklah, berikut saya uraikan sebagian diantara cara mengkalibrasi tingkat kejujuran lelaki, menurut ‘Neuro Linguistic Programming’.
Perlu dicatat, karena lelaki, tidak seunik wanita dalam urusan rahasia hati, maka, tanda-tanda berikut ini sifatnya umum, artinya bisa berlaku juga bagi wanita.

1. Perubahan napas
Jika seseorang mulai berbohong, maka dia cenderung menarik nafas lebih berat, ini karena detak jantung dan aliran darah berubah.

2. Reaksi yang tak terduga
Orang yang berbohong akan meninggikan suaranya ketika ditanya dengan mendesak. Dia akan mendadak marah dan langsung mengalihkan pembicaraan.

3. Lihat matanya
Jika pasangan Anda berbohong, tanda yang paling umum dapat dilihat adalah sorot matanya. Orang yang berbohong memiliki sorot mata yang tidak fokus. Ia juga tidak akan berani menatap Anda secara langsung. Khusus tentang mata ini, sudah pernah saya tulis artikelnya, bagaimana mengkalibrasi ‘loading’ pikiran seseorang melalui mata, di http://caraku-caramu-carakita.com.

3. Diam 
Secara reflek Anda akan berbicara sambil menggerakkan anggota tubuh, namun jika seseorang berbicara dengan posisi diam ini ‘patut diwaspadai’ karena posisi kaku ini menandakan orang tersebut sedang dalam kondisi “bertahan”.

4. Mengerutkan muka
Ini adalah tanda lain jika seseorang memang berbohong. Orang yang berbohong tidak akan meyadari jika ia mengerutkan muka (mulut menyentuh hidung). Tindakan ini biasanya dilakukan untuk mencari sebuah alasan kebohongan.

5. Sulit bicara
Untuk kasus ini biasanya ketika orang dalam kondisi stres, sistem saraf secara otomatis mengurangi produksi air liur, efeknya adalah mulut terasa kering dan susah bicara. 

6. Bicara tanpa ujung yang jelas
Saat Anda bertanya sesuatu pada seseorang, dia akan bercerita atau menjelaskan dengan panjang dan berputar, tanpa ada ujungnya. Bahkan mereka juga akan menyisipkan nama-nama orang yang tidak anda ketahui.

7. Menyembunyikan tangan 
Menyembunyikan tangan di saku celana, di belakang tubuh atau menyilangkan tangan di dada adalah tanda lain pria mencoba menyembunyikan sesuatu. Sebaliknya, orang yang bicara dengan tangan terbuka adalah tanda orang yang berbicara jujur.

9. Mengulangi kata-kata
Jika pasangan Anda terus mengulangi kata-kata yang sama berulang kali, ini adalah tanda bahwa ia berbohong. Dia akan terus mengulangi kata-kata seperti “percayalah”, “saya tidak melakukan itu”, dan banyak lagi. Bahkan dalam hal ini mereka juga akan bersumpah untuk meyakini Anda.
Nah, selamat mendeteksi kejujuran pria Anda. Tapi, ingat! Anda juga harus jujur!

Comments are closed.