Hypnosis sangat bermanfaat dalam mengatasi beragam kasus berkenaan dengan masalah-masalah mental dan emosional seperti kecemasan, ketegangan, depresi, phobia dan juga dapat membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti ketergantungan pada narkotika, alkohol dan obat-obatan. Aplikasi hypnosis untuk tujuan perbaikan (therapeutic) dikenal sebagai hypnotherapy.

Prinsip proses hypnotherapy adalah membuka gerbang pikiran bawah sadar, yang kita ketahui sangat potensial memengaruhi sikap-mental individu dalam berpikir dan bertindak.

Manfaat Hypnotherapy Dalam Dunia Pendidikan

Hypnotherapy juga dapat membantu meningkatkan optimalisasi dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan pembelajaran, hypnotherapy dapat diaplikasikan untuk meningkatkan daya ingat, kreativitas, fokus, merubuhkan tembok batasan mental (self limiting mental block) dan lainnya. Dalam proses belajar-mengajar di dunia pendidikan, tentu hal ini sangat diperlukan guna mencapai proses pembelajaran yang efektif dan prestasi optimal.

Hypnotherapy akan lebih berdaya guna lebih optimal jika dipadukan dengan teknikΒ  NLP (Neuro Linguistic Programming). Tentang NLP, akan ditulis di kesempatan lain.

29 Responses so far.

  1. admin berkata:

    Hipnotis itu pada dasarnya menghipnotis diri sendiri.Hanya saja menggunakan bantuan fasilitator (seorang Hipnotist), begitu pula hipnoterapi. Hasilnya permanen? tergantung bagaimana prosesnya. Sejauh ini belum pernah mendengar adanya efek samping. Karena sesungguhnya terapi yang diberikan adalah penanaman sugesti. Sepanjang sugesti yang diberikan hal-hal yang positip, tentu hasilnya positip.

  2. Tri Mayasari berkata:

    Pak, kalau hynotherapi itu apa maksudnya menghipnotis diri sendiri? Permanen atau tidak permanen Pak?, Apa bisa terjadi kesalahan atau apa ada efek sampingnya Pak?

  3. shelva trasmuji berkata:

    pak bisa gak kita d hipnotis orng yg d kenal? trus klo kita kena hipnotis bisa gak sadar sendiri?? klo kayak d tv kan misalnya mendengar tepuk tangan atau disuruh bangun baru sadar.. bagaimana caranya klo d hipnotis kita bisa sadar sendiri??

  4. budi unda sugiarto berkata:

    kalau tidak ada kemauan apa bs di hipnoterapi pak? walaupun dia ikut program hipnoterapi, tapi kemauan nya tidak ada apa bs pak dengan rasa terpaksa?

  5. Mellyana Wijaya berkata:

    pak hypnoterapi apakah dapat mengubah minset seseorang? ,dan saya juga pernah membaca sebuah buku mengulas mindset. nah disana mengatakan mindset sama dengan kita mengubah beliefe system dimana beliefe merupakan master key dalam melakukan perubahan menurut bpk gmna?

    • admin berkata:

      Mindset adalah cara atau pola berpikir seseorang, yang memengaruhi prilaku. Dengan pemberian sugesti yang tepat melalui terapi hipnosis, cara atau pola berpikir yang tidak memberdayakan (negatif) dapat diubah. Sedangkan believe system menyangkut keyakinan, value, etika, moral, dan lain-lain yang dianut seseorang. Sugesti yang bertentangan dengan value yang dianut subjek,biasanya tidak diterima.

  6. anna wijaya berkata:

    saya juga mau pak Tutorial Self Hypnosys seperti yang bapak kirimkan ke Budi Dermawan dan Septi. Thanks before πŸ™‚

  7. Mega W Chan berkata:

    malam pak…
    saya mengenal salah seorang tokoh yang dulunya pernah mendalami NLP juga, dan sekarang lebih banyak dikenal umum sebagai hipnoterapis PLR (Past Life Regression) tersebut. nama beliau adalah Nathalia Sunaidi, C. Ht, C.I, (nathaliainstitute.com).
    naah… saya cuma ingin tau gimana pendapat bapak mengenai PLR ini dari sudut pandang NLP, apa benar hipnoterapis dapat membawa seseorang melihat kembali masa lalu dan menerawang masa depannya???

    thx before pak..

    • admin berkata:

      Thanks, Mega. Past Life Regression (PLR) adalah metode atau ilmu yang dipercaya dapat membawa orang ke masa lampaunya. Khusus mengenai PLR ini, saya tidak berani menjelaskan lebih jauh, karena tidak memiliki kewenangan untuk itu. Tetapi di dalam hipnoterapi, ada metode yang disebut age regression, salah satu metode hipnoterapi yang membantu subyek untuk bisa mengalami/mengakses kembali suatu waktu tertentu di masa lalunya (yang tersimpan dalam memory bawah sadarnya). Metode ini sangat berguna, contoh paling sederhana, misalnya mencari kembali barang yang lupa di mana tempatnya. Untuk kasus-kasus berat seperti ketergantungan narkoba, juga biasanya terapis menggunakan metode regresi ini. Menerawang masa depan? wow, ….jadi peramal dong?… πŸ™‚

  8. dental hygiene berkata:

    If you are open to having a guest blog poster please reply and let me know. I will provide you with unique content for your blog, thanks.

  9. Yafiz berkata:

    Ok, mas Faril. Sudah saya kirim tutorial lengkap untuk Anda berlatih sendiri. Check Your Email. Cheers πŸ˜€

  10. Faril berkata:

    pak,,aku minta dong..siapa tahu aku bisa nerapin dan tertarik untuk ikut workshop Bapak..
    makasih banyak

  11. federal grants berkata:

    If you could e-mail me with a few suggestions on just how you made your blog look this excellent, I would be grateful.

  12. Septi berkata:

    wah saya juga mau tu pak tutorial nya

  13. Budi Dermawan berkata:

    Ada gak cara hypnoterapy yang mudah dan dapat di praktekkan di rumah sehingga bisa meningkatkan daya ingat kita ???????????????
    Minta saran & cara2nya donk ???????

    • Yafiz berkata:

      Yups. Tunggu saja. Saya akan mengirimkan Tutorial Self Hipnosys untuk Anda praktekkan di rumah. Asal Anda berlatih serius dan mengikuti tahap demi tahap tutorial tersebut, Apalagi jika Anda mengikuti Workshop yang secara reguler saya berikan, Anda akan menjadi ‘manusia baru’…..

  14. Faril berkata:

    bener banget tuh..nikah deng,,jangan cuman kawin sama psikolog..hahay

  15. Faril berkata:

    saya ingin mengikuti hypnotherapy yang bisa membangkitkan kemampuan berbahasa asing..soalnya saya sering kesulitan dalam mengingat kosakata dan cara pengucapan bahasa asing..susah banget..

    OOT,,waktu SMA saya pernah bercita-cita dapat istri dari kalangan disiplin pdikologi,rasanya akan diberi motivasi terus jika punya istri psikolog,,hehe

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

  • Arsip