Senyum punya efek dahsyat. Itu akan memengaruhi kesan pertama orang yang bertemu kita. Seorang pakar bahasa tubuh menjelaskan, sedikit menarik bibir saja sudah bisa menimbulkan kesan berbeda.

Mengutip keterangan Dr. Peter Collet, psikolog dari Oxford University dalam Daily Mail, berikut lima jenis senyum dan maknanya.

1. Senyum Kecut

Sudut mulut ditarik ke atas secara asimetris dan otot-otot di sekitar mata berkerut, itu senyum kecut.
Senyum seperti ini bisa bermakna negatif, karena menimbulkan kesan sinis, licik, dan penuh rahasia.

2. Senyum Optimistis

Aplikasikan senyum ini saat melamar kerja, melobi mitra, juga kala menghadap bos. Angkat alis, lalu senyumlah dengan kuat. Pancarkan sorot mata bahwa semuanya akan beres di tangan Anda.

“Mengangkat alis menandakan orang berhasrat mendominasi. Sedang menurunkan alis, tandanya orang itu lebih suka dikontrol orang lain,” kata Collet menerangkan.

3. Senyum Positif

Senyum yang tertarik lebar, menurut Collet, adalah cara terbaik untuk berbagi semangat positif dengan orang lain. Saat pertama bertemu dan berkenalan dengan sekelompok orang, tampilkan senyum itu.

Jika dilakukan sambil sedikit memiringkan kepala dan membuka mulut seperti sedang tertawa, dijamin lawan bicara akan ikut mengikut ekspresi yang sama. Dia bakal menganggap Anda menyenangkan.

4. Senyum Menggoda

Senyum mengulum bibir sambil menatap langsung pada mata lawan bicara, bisa diartikan sebagai tindakan genit. Apalagi jika didukung bahasa non verbal lain seperti tubuh yang condong ke depan.

5. Senyum Malu

Beberapa orang terbiasa menundukkan kepala saat tersenyum, seperti memberi hormat. Itu menandakan sifat orang yang pemalu, merasa rendah diri, dan mencari perlindungan pada lawan bicara.
Nah. Bagaimana? Yang manakah senyum milik Anda?

Sumber: VIVA.co.id

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.

  • Arsip