Menjadi lebih produktif di tempat kerja dapat membuahkan hasil yang fantastis. Promosi, pengakuan, atau hanya sekedar mendapatkan lebih banyak hal yang dapat dilakukan di tempat kerja agar tak lagi lembur di rumah,  semua tentu sangat bermanfaat ketika produktivitas meningkat di tempat kerja. Apakah Anda seorang karyawan, atau memiliki bisnis sendiri, atau mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir atau skripsinya, tingkat produktivitas secara langsung berhubungan dengan tingkat keberhasilan Anda dalam kebanyakan situasi.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda menjadi lebih produktif saat bekerja:

  1. Buatlah Daftar Prioritas – Make A To Do List

Manusia sangat mudah untuk lupa atau terjebak melakukan hal-hal tidak penting. Hal ini dapat dengan mudah dihindari dengan memiliki daftar prioritas. Ini hanyalah sebuah daftar yang dibuat atau diubah setiap pagi ketika kita memulai hari.  Buatlah sederhana saja, walaupun seperti coretan-coretan biasa. Membuat daftar seperti ini, dengan urutan berdasarkan item yang  diprioritaskan, akan membantu Anda tetap di jalur produktivitas dan menghindari upaya untuk multitask atau hanya sekadar melakukan pekerjaan-pekerjaan tak berarti. Meskipun mungkin merasa seperti membuang-buang waktu lima menit Anda untuk membuat daftar seperti itu, tetapi yakinlah ini akan menjadi lima menit terbaik yang dihabiskan setiap pagi hari.

  1. Jadikan Sebuah Ritme – Get In A Rhythm

Jika ada tugas-tugas harian yang harus dicapai, maka akan membantu untuk mendapatkan pola yang sama setiap hari. Para pakar manajemen waktu mengatakan 10.000 jam membuat Anda menjadi seorang ahli dalam suatu bidang, dan ini berlaku dalam contoh ini. Pengulangan melahirkan efisiensi yang pada gilirannya melahirkan produktivitas. Ini sederhana itu. Jika proses ini diikuti, hari demi hari, pada akhirnya akan menjadi tugas yang sangat efisien dan cepat.

  1. Estimasikan Waktu Penyelesaian Terbaik – Estimate Time To Accomplish Tasks

Jika ada 20 hal di dalam daftar prioritas Anda, dan 10 diantaranya dapat dilakukan masing-masing dalam 2 menit, maka akan menghabiskan 20 menit. Jika ada item yang penting, tetapi akan mengambil semua waktu Anda, mungkin lebih baik menundanya  dan melakukannya nanti ketika dapat  fokus tertuju hanya pada tugas itu. Bahkan jika ada sesuatu yang paling penting tidak secara otomatis meletakkannya di bagian atas daftar; banyak faktor yang masuk ke prioritas tersebut. Kadang-kadang menyelesaikan 10 hal lebih kecil tugas yang kurang penting dapat menjadi lebih penting daripada menyelesaiakan satu hal  besar tetapi menggunaan  seluruh waktu. Ingat: produktivitas adalah mengambil keuntungan maksimum dari waktu. Itu adalah kuncinya.

  1. Ambil Waktu Istirahat Anda – Take Breaks!

Ini sering menjadi  langkah yang tampak kurang berguna dalam upaya untuk menjadi lebih produktif. Karena otak dianggap dapat berfungsi begitu lama tanpa perlu istirahat. Padahal, bagaimanapun juga otak yang sudah bekerja keras perlu istirahat, agar setelahnya segar kembali. Ada yang menyarankan teknik 20 menit konsentrasi penuh dan kerja diikuti oleh 5 menit istirahat. Atau dengan durasi istirahat yang lebih pendek, namun mungkin sulit jika bekerja dalam suasana kantor. Spasi untuk satu atau dua menit dan tidak memikirkan apa-apa, atau tentang sesuatu yang menyenangkan, dapat membantu memulihkan otak Anda kembali ke ‘zona’ cerdas.

  1. Hindari Multitasking

Multitasking tidak membuat baik penggunaan waktu. Ada penelitian yang menyebutkan  99,9% multitasking tidak efisien, dan benar-benar menghambat tujuan keseluruhan produktivitas. Menetapkan  satu tugas pada satu waktu dan fokus 100% pada tugas itu adalah cara terbaik untuk menyelesaikan sesuatu. Pengecualian mungkin jika ada down-time dalam tugas. Katakanlah, misalnya, internet Anda benar-benar ‘lelet’ dan menjalankan laporan tertentu membutuhkan waktu lebih dari 3 menit. Kita menjadi tidak bijak untuk duduk di sana menunggu selama 3 menit (kecuali jika digunakan untuk istirahat). Jadi mungkin menyelesaikan tugas kecil atau bagian dari tugas lain lebih bijak dalam situasi ini, ketimbang menunggu. Lanjutkan dengan hati-hati; multitasking adalah masalah waktu yang sangat besar menyedot banyak kasus.

Produktivitas dipandang secara berbeda dalam budaya yang berbeda, namun dalam produktivitas orang Amerika adalah raja. Perusahaan melakukan segala macam penelitian dan menghabiskan jutaan dolar setiap tahun untuk menemukan cara menjadi lebih produktif. Orang Indonesia tidak harus meniru orang Amerika, tetapi harus berusaha lebih produktif!

 

Manajemen program, pelatihan kepemimpinan, dan kursus kilat lainnya yang ditawarkan dirancang untuk melakukan satu hal: bahwa orang-orang yang belajar untuk memaksimalkan produksi umumnya adalah orang-orang yang memenangkan permainan.

Comments are closed.